Selasa, 22 April 2014

Posted by Unknown on 22.20 No comments


Bagi anda yang pernah iseng bertanya suatu kali. Tentang bagaimana sebuah makanan pertama kali ditemukan. Kini kami akan menceritakan sebuah dongeng legendaris cukup panjang. Cerita kami kali ini tentang Chessecake, alias Si Kue Keju.

Pada dasarnya, Cheesecake modern adalah karya kuliner yang tercipta dengan cara mencampurkan keju lembut, telur, susu, dan gula. Umumnya kue ini diberi topping/hiasan buah segar, sirup, krim, atau lapisan gula. Tapi banyak juga yang berkreasi dengan topping/hiasan pada kue keju bercita rasa manis, lembut, dan menyegarkan ini.

Sejarah Kue keju/Bolu keju/Cheesecake ini sangat panjang. Bermula dari zaman Sebelum Masehi, hingga detik ini, Cheesecake masih terus dibuat dan dihidangkan oleh umat manusia.

Kue yang resep awalnya berasal dari yunani kuno ini pun, melenggang ke seluruh dunia dengan bentuk dan versi yang sangat variatif di berbagai negara. Well kue ini memang legendaris dan sangat uzur, jika disamakan dengan manusia. Usianya mencapai ribuan tahun. Tentu banyak hal yang terjadi, jika berumur ribuan tahun

Alkisah setelah ditemukan pertama kali oleh Apicius, Aristoxenean, dan Philoxenean. Kue yang awalnya terbuat dari tepung, madu, buah ara kering dan kenari ini, pada tahun776 SM, Cheesecake disajikan kepada para atlet ketika ajang Olimpiade yang pertama digelar. Pada zaman itu cheesecake dibuat dengan menggunakan keju lembut dari susu kambing dan susu domba. Keju tersebut pun dicampur dengan tepung terigu, telur, dan madu kemudian dipanggang.

Romawi pun datang menjajah Yunani. Kue dan resep Cheesecake mulai dikenal dan digemari oleh bangsa Romawi, yang lebih suka menyebut kue tersebut dengan sebutan placenta. Di tahun 1000 M saat Romawi membawa placenta ini jauh ke kepulauan Inggris. Sejak itulah bangsa Inggris mengenal kue ini. Di tanah Inggris, cara memasak kue ini sedikit mengalami modifikasi, akibat dari perbedaan suhu antara inggris dan daerah Romawi-Yunani (Mediteranian) yang cenderung lebih hangat.

Resep Cheesecake tertua dari inggris ini pun kemudian dimunculkan kembali sebagai hidangan penutup pada acara penobatan Queen Elizhabet II di tahun 1953 silam. Masih di tanah Inggris, pada tahun 1500. Orang-orang Inggris mulai menyebut kue ini dengan nama Cheesecake, menggantikan nama sebelumnya placenta.

Baru di abad ke-19 hingga awal abad ke-20, Amerika berkenalan dengan kue ini. pertama kali dibawa oleh imigran Yahudi asal Eropa selatan dan timur. Cheesecake yang sudah menjadi makanan tradisi bagi perayaan agama umat yahudi ini banyak dijual di restoran-restoran yang umat yahudi kelola saat itu. Dari sinilah awal mula kepopuleran Cheesecake menyebar ke jagat Amerika Serikat.

Tidak berhenti sampai di Amerika saja. Cheesecake menyebar di berbagai negara khususnya di Eropa. Sebut saja Prancis dengan Cheesecake berbahan utama keju Neufchatel. Di jerman kue ini dikenal dengan nama Käsekuchen dan selalu menggunakan keju Quark. Lalu di Italia, Yunani, Portugal, Spanyol, Polandia, Rusia, hingga Jepang Cheesecake menyebar dan semakin variatif.

Lucunya, karena sangat menyukai hidangan penutup ini, orang Swedia menetapkan tanggal 14 November sebagai hari Cheesecake. Akan tetapi di sana tentu lebih dikenal dengan sebutan Ostkaka atau Ostekake. Cheeseeeee! :D

DJ Coffee Corner Strawberry Cheesecake

Resep Sederhana membuat Cheesecake

Bahan-Bahan
  • 1 bungkus biskuit , hancurkan hingga jadi butir halus
  • 5 sendok makan mentega
  • 500 gram Cheese Cream (Krim Keju)
  • 250 gram Krim Asam (Sour Cream)
  • Esens (Essence) Vanila secukupnya
  • 4 sendok teh Gula Pasir, bisa ditambah bila suka
  • 1 bungkus Selai Strawberry
  • Strawberry, Cuci bersih, 4 buah dipotong kasar, 6 buah dibiarkan utuh 10 buah

 Cara Memasak

1. Lelehkan mentega. Tuangkan pada remah biskuit. Tambahkan gula bila suka. Aduk rata. Siapkan loyang 8-9cm, olesi dengan mentega. Tuangkan remah biskuit pada loyang. Tekan-tekan hingga padat. Diamkan 2-3jam dalam kulkas atau panggang dalam oven 5-6 menit.
 
2. Campurkan krim keju,krim asam, gula dan vanila essens. Tambahkan potongan strawberry. Aduk rata. Tuangkan diatas adonan loyang. Diamkan dalam lemari es 2-3jam.
 
3.Tuangkan selai strawberry diatasnya. Hias dengan buah strawberry dan topping lain yang disuka (misalnya buttercream frosting*). Sajikan dingin LOL

 4. * resep buttercream frosting: Mentega tawar (1 cup) + gula bubuk (3 cup) + susu cair 2 sdm. Kocok dengan mixer.
Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar