Minggu, 13 April 2014

Posted by Unknown on 02.59 No comments
Penggemar kopi pasti pernah mendengar nama kopi luwak. Bahkan yang tidak menggemari kopi pun rasa-rasanya, mengetahui tentang varian kopi yang satu ini.

Fenomena kopi luwak, memang sama tersohornya seperti, fenomena ketenaran Michel Jordan, yang bahkan orang yang tak pernah menonton NBA pun tahu. Kalau dia adalah seorang pebasket profesional.

Selain kopi luwak. Ternyata ada lagi kopi yang dinilai lumayan tinggi. Tapi ini murni berasal dari biji kopi, bukan berasal dari kopi yang ditelan hewan lagi.

Nama kopi ini Jamaican Blue Mountain Coffee. Kopi kelas premium yang dibrandol seharga $49/pound ini termasuk dalam 10 macam kopi termahal di dunia.

Usut punya usut. Ternyata saat zaman kolonial dahulu. Seorang meneer Belanda berkunjung ke Wamena. Sebuah tempat di Papua, Indonesia. Dia pun mencoba menanam kopi Jamaika tersebut, karena kondisi alam di daerah Wamena hampir persis dengan kondisi alam daerah Blue Mountain di Jamaika.

Bisa jadi, sebenarnya kopi Wamena, yang disebut juga dengan nama Baliem Blue Mountain Coffee tersebut. Memiliki kualitas yang setara dengan kopi Jamaica Blue Mountain. Sayang, sedikit yang tahu kalau Wamena ternyata penghasil kopi arabika kelas premium di dunia.

http://list.qoo10.co.id/item/WAMENA-COFFEE-150GR-PAPUA-WAMENA/406000776
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar